FEP: General Orientation

FEP merupakan kepanjangan dari Freshmen Enrichment Program, yang terdiri dari 3 bagian, yaitu General Orientation, Academic Orientation, dan Campus Life Orientation. Hal pertama yang terpikir di benak saya mengenai FEP adalah sama dengan OSPEK, yaitu ajang “balas dendam” para senior kepada para juniornya dengan cara menyuruh-nyuruh dan “menyiksa” dengan seenaknya kepada para junior. Namun, saya salah besar. Kegiatan ini jauh dari apa yang saya pikirkan. Saya merasa senang sekali, karena berkat kegiatan ini, saya bisa lebih mengenal kampus Binus University, mendapat teman-teman baru, serta pengalaman yang mungkin tidak terlupakan.

Hari pertama kegiatan General Orientation dimulai dengan briefing yang dilakukan oleh kakak-kakak BC (Buddy Coordinator), pengenalan kakak-kakak BC, pengenalan teman-teman, serta materi tentang seluruh kegiatan GO selama lima hari kedepan. Pada hari pertama, kami diajarkan oleh para BC mengenai cara mengabsen sebelum masuk kelas, mengenakan baju putih dan celana bahan untuk besok hari, dan tidak boleh parkir di lingkungan kampus Binus University. Bahkan, semenjak hari pertama kami diharuskan menyiapkan yel-yel yang akan dipertunjukkan pada hari terakhir kegiatan GO. Pada hari itu, saya naik lift menuju lantai 6, tempat dimana kelas saya berada. Tepat di ruangan 0603 kelas CAS03, disitulah petualangan baru saya sebagai seorang mahasiswa dimulai. Seperti yang sudah-sudah, hari pertama masuk kuliah memang selalu menjadi hal yang sulit, karena semuanya terasa asing, baik lingkungan kampus, maupun warga-warga kampus yang tinggal di dalamnya. Tak ada satupun orang yang saya kenal di kelas itu, kecuali salah satu BC yang kebetulan merupakan kakak kelas saya sewaktu di SMA, dia adalah kak Aiko. Selain itu, semuanya asing bagi saya. Saya memang agak sulit dalam beradaptasi, apalagi jika sama sekali belum pernah mengenal lingkungan yang saya lingkupi. Pada hari itu juga, teman saya yang bernama Arga dan Albert ditunjuk sebagai Komti dan wakil Komti kelas kami, yang akan memimpin kelas kami selama lima hari kedepan.

Hari demi hari semakin berjalan, saya semakin mengenal kampus Binus University, tempat dimana saya akan menimba ilmu selama kurang lebih empat tahun kedepan. Serta mengenal teman-teman di kelas sedikit demi sedikit. Kami semakin paham mengenai materi-materi yang diajarkan para BC. Dan tidak lupa kami berlatih gerakan yel-yel yang akan dipertunjukkan pada kegiatan Kebersamaan di hari terakhir GO. Tibalah di hari Jumat, dimana kegiatan Bunga Rampai diadakan. Yang mana dalam kegiatan Bunga Rampai ini banyak lembaga UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang mempresentasikan UKM mereka agar para buddy tertarik mengikuti salah satu kegiatan UKM tersebut.

Tibalah di hari terakhir kegiatan GO, masing-masing kelas di batch 3 saling berunjuk kebolehan memperagakan aksi yel-yel mereka, untuk menunjukkan kelas mana yang mempunyai yel-yel terbaik. Lalu, tibalah giliran kelas kami untuk menunjukkan aksi kami. Setelah latihan beberapa hari, kami semua kompak dalam memperagakan gerakan-gerakan yel-yel yang dibuat oleh beberapa teman saya. Saya agak gugup dalam hal ini, walaupun bukan hanya saya sendiri yang akan tampil di depan ratusan Binusian di batch kami. Akhirnya, semua orang bertepuk tangan atas yel-yel kami karena ke-kreatifan dan ke-lucuan aksi yel-yel kami dan kelas kami sangat memuaskan para buddy lainnya dan juga para kakak BC yang menonton aksi kami.

Kegiatan GO pun berakhir, tepatnya pada tanggal 15 Agustus 2015. Kami telah “diasah” dan diberi materi selama enam hari kegiatan GO, yang berarti kami siap untuk menjajaki dunia perkuliahan, yang mana menurut sebagian orang disebut sebagai Menjalani Kehidupan yang Sebenarnya. Saya merasa senang sekali karena bertemu dengan teman-teman yang asyik dan kakak BC yang baik dan sabar dalam membimbing kami selama kegiatan GO ini. Tetapi saya juga sedikit sedih, karena nantinya kelas kami akan diacak dan dipertemukan dengan buddy-buddy kelas lainnya, yang berarti saya harus beradaptasi lagi dengan teman-teman baru. Pada hari itu, kami telah sah menjadi Binusian.

Ini adalah foto kami setelah latihan yel-yel

Ini adalah foto kami setelah latihan yel-yel,

yang ini adalah foto kami pada hari terakhir GO.

yang ini adalah foto kami pada hari terakhir GO,

yang ini foto para BC kami

dan yang ini foto para BC kami.

About auliaabrar

Web Developer
This entry was posted in Freshmen Enrichment Program. Bookmark the permalink.

Leave a Reply