Organizational Skills

Sebelum memasuki dunia kerja, selain memerlukan nilai IP yang tinggi, juga memerlukan kemampuan dalam berorganisasi. Di Binus University, kami akan dibekali mengenai standar-standar kompetensi dalam menunjang dunia perkuliahan untuk menjadi bekal di dunia pekerjaan nanti. Binus University akan membekali dengan “6 key Soft-skills” yang terdiri dari, Self-management, Initiative & Enterprise, Team Work, Problem Solving and Decision Making, Communication, dan Planning Organizing.

Jadi, selain harus menguasai hard-skills, kita juga harus menguasai soft-skills yang diberikan oleh Binus University untuk mempermudah mendapat pekerjaan nanti. Di Binus University, terdapat banyak UKM dan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) yang dapat membekali kita tidak hanya dengan hard-skills, tetapi juga dengan soft-skills. Sesuai dengan jurusan yang saya ambil, yaitu Teknik Informatika, terdapat HMJ bernama HIMTI yang dapat mendukung perkuliahan saya selama empat tahun ke depan. Di HIMTI, selain diberikan materi mengenai perkuliahan, apabila ada kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan dosen, kita juga dapat belajar berorganisasi dengan menjadi aktivis HIMTI. Selain itu, masih banyak UKM yang selain memberikan pengalaman mengenai bidang masing-masing UKM, juga memberikan kemampuan dalam berorganisasi.

Salah satu UKM yang terkenal di Binus University ialah TFI (Teach For Indonesia), yaitu UKM yang bergerak di bidang kemanusiaan yang membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu, dan memberikan pelayanan kepada mereka, baik berupa materi maupun non-materi, khususnya bagi perkembangan masa depan anak-anak. Selain mendapat pengalaman baru, dengan melakukan social service, kita juga akan mendapatkan poin SAT (Student Activity Transcript), yang mana merupakan syarat kelulusan dan agar dapat melakukan skripsi.

Saya mengikuti tiga kegiatan UKM, yaitu MT Al-Khawarizmi, Merpati Putih, dan BSLC. MT Al-Khawarizmi adalah UKM yang bergerak di bidang keagamaan, yaitu khusus yang beragama Islam. Di UKM ini, kami mendapat pengalaman yang berharga, karena dapat berbagi pengalaman dan bercerita seputar agama Islam. Selain itu, juga ada MP (Merpati Putih), yang bergerak di bidang seni bela diri, yang tidak hanya mengajarkan bela diri dengan tangan kosong, tetapi juga pematahan benda keras, pemulihan, dan getaran. Di samping kedua UKM itu, juga terdapat kegiatan di luar kampus, seperti rekreasi dan olah raga yang bertujuan untuk memperat persaudaraan antar anggota-anggota UKM dan membuat kegiatan UKM tersebut tidak monoton. Selain kedua UKM tersebut, terdapat UKM BSLC yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan masalah mengenai tugas kuliah, kita juga dapat menjadi mentor/tutor dengan menjadi pembimbing bagi mahasiswa/mahasiswi lainnya, maupun menjadi pengurus organisasi dengan menjadi nidya, atau hanya sekedar menjadi mentee, mahasiswa yang dibimbing.

Jadi, kita harus aktif dalam setiap UKM yang kita ikuti, agar kita mendapat pengalaman baru, teman-teman baru, serta 6 kunci soft-skills yang berguna bagi kita untuk menuju dunia kerja nanti.

                                             

About auliaabrar

Web Developer
This entry was posted in Others. Bookmark the permalink.

Leave a Reply